RESENSI BUKU BAHASA INDONESIA

Judul Buku                  : Terampil Berbahasa Indonesia 2
Penulis                         : Gunawan Budi Santoso, Wendi Widya R.D, Uti Darmawati
Ukuran Buku              : 29,5 x 21 cm
Jumlah Halaman          : 178 halaman
Penerbit                       : Intan Pariwara
Tahun Terbit                : 2008
Diperbanyak oleh        : PT. Intan Pariwara


Kelemahan dan Kelebihan Buku Teks
(Oleh: Irwansyah, NIM: BI.10.01.079)

  1. Komponen Buku Teks
1.      Tujuan Pembelajaran
      Dalam buku ini tidak memiliki tujuan pembelajaran yang seharusnya menginformasikan apa yang harus dicapai oleh siswa setelah proses pembelajaran berlangsung. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut merupakan dasar pemilihan isi  (materi), penataan kegiatan pembelajaran, dan penyajian materi pembelajaran serta evaluasi yang harus dilakukan oleh siswa.
2.      Isi (materi)
      Urutan isi (materi) pembelajaran dalam buku ini diurut berdasarkan dari yang paling sederhana sampai pada bentuk yang kompleks sebagai suatu kegiatan aktivitas pembelajaran siswa. Isi  (materi) buku ini  ditampilkan dalam bentuk aplikasi yang kongkrit dan bermakna dengan menggunakan wacana, dialog, gambar atau bagan sehingga dapat mambantu memberikan pemahaman dan mendukung siswa pada setiap kegiatan belajar mengajar.
3.      Rangkuman
Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran buku ini mencantumkan rangkuman, yang merupakan upaya yang ditempuh penulis untuk meninjau kembali terhadap apa yang telah dipelajari, sehingga siswa mempertahankan retensi pembelajaran, siswa mudah mempelajari materi dengan sederhana serta untuk memperkuat ingatan dan sebagai pendalaman bagi siswa terhadap apa yang telah dipelajari.
4.      Latihan dan Evaluasi.
      Latihan dan evaluasi dalam buku ini berupa tes uji kemampuan, perintah mengerjakan soal, dalam bentuk tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dengan maksud sebagai umpan balik bagi guru agar dapat memahami kelemahan dan kelebihan proses pembelajaran yang dicapai oleh siswa tersebut.
  1. Peran Buku Teks
1.      Bagi Siswa
Kehadiran buku di sekolah sangat membantu proses belajar siswa secara sistematis, mempertegas, dan mempermudah siswa untuk memahami apa yang akan dipelajarinya. Melalui buku tersebut, siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing, mengulangi, dan meninjau kembali serta mempermudah mereka dalam membuat catatan-catatan untuk pemakaian selanjutnya. Selain itu kehadiran buku tersebut di sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyegarkan ingatannya yang dapat merangsang tumbuhnya kreativitas, motivasi, dan inovasi dalam diri siswa.
2.      Bagi Guru
Dengan adanya buku ini di sekolah akan mempermudah dan membantu guru dalam menentukan model, jenis, metode, dan strategi pembelajaran, serta pendekatan-pendekatan yang akan dilakukan oleh guru kepada siswa. Selain itu peran buku ini sebagai sumber dan pengarah dalam menyediakan bahan pembelajaran yang akan diajarkan serta sebagai landasan dalam menyelenggarakan evaluasi hasil belajar siswa.
3.      Bagi Proses Pembelajaran
Buku ini sangat membantu semua komponen yang ada dalam sekolah terutama dalam proses belajar mengajar, seperti mambantu memudahkan pemilihan dan penyampaian metode pembelajaran serta dapat digunakan untuk melatih belajar mandiri bagi siswa.
  1. Kualitas Buku Teks
1.      Isi (materi) dalam buku ini mengacu pada kurikulum yang berlaku pada saat sekarang, materi penugasan tidak terlalu berputar-putar pada penajaman teori tetapi lebih ditekankan pada aktualisasi dalam realita yang sangat mendukung dan mengarahkan untuk menggali potensi siswa dalam menganalisis kearifan lokal diri dan lingkungannya.
2.      Pemakaian dan penggunaan bahasa dalam buku ini sangat konvesional dan komunikatif, bahasa buku ini sangat santun dan berirama dialogis sehingga dapat menarik minat atau perhatian, serta memberikan motivasi pada siswa untuk membaca dan mempelajari buku ini.
Selain beberapa aspek di atas kualitas buku teks ini dapat dinilai dari beberapa spek di bawah ini:
1.      Aspek Isi
a.       Isi (Materi) buku ini disajikan  secara utuh dan berkesinambungan.
b.      Materi yang disajikan mengikuti teori pembelajaran (bahasa) secara logis.
c.       Materi disajikan secara logis dan jelas bagi siswa.
d.      Judul buku sangat konsisten dengan daftar isi dan isi buku tersebut.
e.       Latihan, tugas, dan evaluasi yang disajikan sangat cocok untuk siswa.
f.       Huruf
Semua halaman huruf yang digunakan dalam penulisan laporan merupakan jenis huruf Time New Roman, cara penulisannya dibagi dua dalam satu halaman (tidak dibagi dua), serta jarak baris dalam penulisannya yang sesuai sehingga siswa maupun guru mudah untuk membaca dan memahami isi tulisan tersebut.
Dalam buku ini huruf yang digunakan dalam penulisan laporan, naskah drama, teks wawancara, informasi dari buku telepon, cara menngunakan indeks, teks ilustrasi cerita, penulisan surat, penulisan petunjuk, sinopsis novel, isi berita, contoh ilustrasi, wacana, petikan novel menggunakan huruf yang merupakan huruf standar internasional.


Aspek Kualitas Teknis.
a.       Ukuran dan tebal buku sesuai dengan usia siswa.
b.      Penjilidannya cukup menarik dan kuat untuk dipakai oleh siswa pada jenjang  SMA.
c.       Kertas yang digunakan dalam buku ini sangat berkualitas. sehingga gambar yang disajikan dalam buku ini sangat jelas.
d.      Tipografi dan tata letaknya sesuai bagi usia siswa, misalnya pada penulisan materi menggunakan bingkai bahasa dan sastra berwarna sehingga menarik perhatian siswa untuk membaca dan menentukan  urutannya.
e.       Gambar dan materi visualnya cukup banyak dan gambar yang disajikan sangat menarik dalam membantu penyampaian materi kepada siswa karena warna gambar sangat jelas dan terang.
2.      Aspek Pendukung.
a.       Penerbit dan penulisnya memiliki reputasi baik dibidangnya karena yang menerbitkan buku ini langsung dari Departemen Pendidkan Nasional.
b.      Pedoman yang diberikan bermanfaan bagi guru dan siswa.
c.       Buku ini dilengkapi dengan program evaluasi pada setiap akhir kegiatan sub pokok pembahasan.

3.      Aspek alat peraga
Buku ini tidak disertai dengan adanya alat peraga sehingga dalam penyampaian materi ajar tidak bisa membantu dan mendukung proses kegiatan belajar mengajar siswa.



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH CERPEN LANGIT MAKIN MENDUNG